Senin, 17 September 2018

Jenis Alat Konstruksi dan Fungsinya

Jenis Alat Konstruksi dan Fungsinya 

Saat ini, penggunaan alat dalam melaksanakan proyek sangat penting guna untuk menunjang proyek manufaktur atau proyek pemerintah dalam membangun infrastruktur dalam mengeksplor hasil tambang, seperti batubara dan semen. Ada beberapa keuntungan yang didapat jika kita menggunakan alat berat dalam pelaksanaan proyek, yaitu cepatnya waktu yang digunakan, nilai lebih ekonomis, dan tenaga yang dapat digunakan sangat besar. 
Penggunaan alat yang tidak tepat sesuai situasi dan kondisi lapangan akan sangat berpengaruh karena akan mengakibatkan kerugian seperti produksi yang rendah, tidak tercapainya target. Pengertian alat konstruksi Alat konstruksi atau kita sebut sebagai alat berat adalah alat yang dapat digunakan untuk mempermudah manusia dalam melaksanakan pekerjaan membangun suatu bangunan. Ada beberapat alat yang umum digunakan dalam pelaksanaan konstruksi, yaitu excavator, dozer, alat pengangkut, dan alat pemadat tanah. Berikut merupakan macam alat dengan fungsinya, antara lain: 
Alat Konstruksi dan Fungsinya


1. Alat penggali tanah 

Alat penggali atau excavator digunakan untuk membantu manusia dalam menggali tanah. Ada beberapa alat yang termasuk ke dalam kategori alat penggali yaitu backhoe, front shovel, clamshell, dan dragline. 

2. Alat pengolahan lahan 

Alat pengolahan lahan merupakan alat yang dapat digunakan jika situasi dan kondisi lahan proyek masih lahan asli yang memang harus dipersiapkan terlbih dahulu sebelum diolah. Dozer merupakan alat yang dapat digunakan jika suatu lahan tersebut terdapat pepohonan dan semak. Scraper merupakan alat yang menangkat lapisan tanah yang paling atas. Selain dozer, alat yang digunakan untuk membentuk permukaan lahan supaya rata adalah motor grader. Dozer atau bulldozer dapat dikategorikan menjadi 2 yaitu crawler tractor (roda kelabang) dan wheel tractor (roda karet). Dozer yang digunakan untuk daerah rawa berbeda dengan dozer yang biasa digunakan yaitu swamp bulldozer. 

3. Alat pemindah material 

Alat pemindah material merupakan alat yang bukan digunakan untuk transportasi tapi alat yang digunakan untuk memindahkan suatu material dari alat satu ke alat lainnya.contoh dari alat pemindah ini yaitu dozer dan loader. 

4. Alat pemadat 

Ada beberapa alat yang digunakan untuk memadatkan suatu lahan atau lainnya yaitu compactor, pneumatictiredroller, tamping roller, dan lain sebagainya. Alat-alat ini digunakan untuk pemadatan saat pembuatan jalan, baik jalan dengan kekerasan lentur atau keras ataupun untuk jalan dengan tanah. Alat-alat ini juga digunakan untuk pembuatan jalan raya, landasan pesawat, dan tanggul sungai. 

5. Alat pengangkut bahan 

Contoh dari alat pengangkut bahan ini adalah crane, yaitu alat yang dapat mengangkut suatu material atau bahan dan memindahkan dalam jarak relatif kecil. Pengangkutan material dengan jarak yang jauh dapat digunakan alat yang berupa truck, wagon, dan belt. Namun, alat alat tersebut memerlukan bantuan dari alat lain untuk memuat bahan atau material.

0 komentar

Posting Komentar