Sabtu, 15 September 2018

Mengenal Beragam Jenis Alat untuk Proyek Konstruksi

Mengenal Beragam Jenis Alat untuk Proyek Konstruksi 

Dalam proses konstruksi, peralatan yang dibutuhkan untuk mengerjakan dan melancarkan proses dari proyek tersebut. Menggunakan alat konstruksi yang dikenal dengan alat berat tersebut, akan lebih mudah dalam mencapai target. Beragam jenis alat-alat konstruksi Menggunakan alat konstruksi dalam mengerjakan sebuah proyek juga diharapkan agar proses pengerjaan lebih lancar dan juga maksimal. Namun sudah seharusnya, menggunakan alat konstruksi, baik itu dengan cara disewa maupun juga dibeli harus disesuaikan dengan tepat. Misalnya saja di sesuaikan dengan situasi serta kondisi dari lapangan. Karena jika sampai salah memilih alat konstruksi, maka bukan tidak mungkin terjadinya kegagalan dari proyek tersebut, bisa dari hasilnya yang tidak baik maupun juga dari target yang tidak tercapai. Oleh karena itu, kenali dulu sebelumnya mengenai beragam jenis alat-alat dari konstruksi. Berikut jenis-jenis dari alat konstruksi di antaranya yaitu; 
Alat-alat Proyek Konstruksi

1. Dozer; 

atau disebut juga dnegan loder yang merupakan alat konstruk dan umum digunakan. berfungsi untuk menangani jenis material yang dihasilkan melalui penggalian. Ada dua jenis dozer, yaitu roda kelabang atau crawler tractor dozer dan juga bulldozer yang menggunakan karet atau dikenal juga dnegan wheel tractor dozer. 

2. Excavator; 

harus dipertimbangkan dengan baik untuk memilih alat ini khususnya dalam kondisi lapangannya. Penggali dari alat ini berada di depan dan seringkali lebih digunakan di permukaan yang tidak padat dan juga kasar. Selain itu alat ini juga tidak terlalu banyak dipindahkan ke berbagai tempat. 

3. Truk; 

yang tidak boleh dilewatkan karena dibutuhkan sebagai alat untuk mengangkut beragam jenis material seperti halnya batuan, pasir, tanah dan juga lainnya yang dibutuhkan dalam proyek konstruksi. Truk juga memiliki beragam jenis ukuran mulai dari yang kecil hingga yang besar tergantung dengan banyaknya muatan yang diambil nantinya. Oleh karena itu, tentukan truk sesuai dengan kapasitas material yang akan dibawa. 

4. Crane; 

merupakan alat pengangkut yang digunakan saat melakukan proyek konstruksi dengan fungsinya sebagai pengangkat material yang akan dipindahkan. Baik itu secara vertical maupun juga horizontal menggunakan alat kontruksi crane ini. Crane memiliki beragam jenis tipe yang bisa dioperasikan sesuai dengan kondisi dari proyek tersebut. 

5. Motor grader; 

merupakan alat yang berfungsi atau digunakan dalam meratakan tanah dan juga permukaannya. Selain itu juga digunakan untuk membentuk tanah seperti pemotongan, dan juga pengerukan misalnya dalam membuat saluran. Itulah beberapa jenis-jenis alat untuk proyek konstruksi. Sebenarnya masih banyak lagi alat lainnya untuk mendukung agar konstruksi maksimal dalam pengerjaannya. Namun yang pasti, jangan lupakan sumber daya lainnya yang mendukung berjalannya konstruksi yaitu tenaga ahli yang telah profesional di bidangnya. Agar proyek memiliki hasil yang lebih maksimal.

0 komentar

Posting Komentar