Jumat, 07 September 2018

4 Tipe Alat Berat Pengangkut Yang Umum Digunakan

4 Tipe Alat Berat Pengangkut Yang Umum Digunakan

Alat Berat

Dalam dunia konstruksi, pertambangan, dan pembangunan lainnya penggunaan alat berat adalah hal yang wajar. Alat-alat berat ini adalah mesin-mesin  bertenaga besar yang bisa digunakan untuk membantu pekerjaan manusia dalam konstruksi misalnya untuk penggalian, pengeboran, memindahkan material bangunan, meletakkan struktur konstruksi untuk menjadi sebuah konstruksi yang utuh dan berfungsi, dan masih banyak lagi lainnya. Salah satu klasifikasi dalam berbagai macam jenis alat berat adalah fungsinya sebagai pengangkut. Secara umum ada 4 tipe alat pengangkut yang digunakan sebagai alat berat di aktivitas konstruksi. Apa saja keempat alat angkut tersebut?

Bulldozer


Bulldozer memiliki reputasi sebagai alat berat yang paling gagah dibandingkan dengan alat berat yang lainnya. Selain namanya yang memberikan kesan tangguh, alat berat ini juga memiliki fungsi yang sangat penting. Bulldozer sebenarnya merupakan sebutan untuk plat pringan baja di bagian depannya yang dipasangkan pada kendaraan dengan mesin berat. Fungsinya adalah untuk memindahkan tanah dari satu area ke area lainnya, bisa juga digunakan untuk memindahkan batu-batu yang besar atau merobohkan pohon saat pembukaan lahan. Ia juga kerap digunakan untuk melembutkan permukaan tanah yang keras dan bisa dioperasikan pada medan yang berat sehingga pas digunakan pada saat tahap awal konstruksi pembangunan. Bulldozer bisa dipasangkan pada kendaraan dengan roda tipe wheel atau tipe track yang lebih disarankan untuk digunakan pada medan yang berlumpur.

Ekskavator

Ekskavator adalah alat berat yang memiliki lengan panjang dengan alat pengeruk di bagian ujungnya. Fungsinya adalah untuk mengeruk tanah dan juga melakukan penggalian. Selain untuk penggalian dan membuat lubang di tanah, ekskavator digunakan untuk mengangkut atau memindahkan tanah atau material berat dari satu area ke area lainnya, digunakan untuk merobohkan bangunan, dan sebagainya. Lengan ekskavator bekerja seperti kepanjangan lengan manusia yang memiliki tenaga lebih besar untuk melakukan penggalian, melakukan pekerjaan landscaping, meratakan tanah, penggalian tambang, pekerjaan perhutanan, mengeruk sungai, mengangkut bahan material berat, dan lain sebagainya.

Shovel

Shovel atau sekop adalah alat berat yang fungsi utamanya adalah untuk menggali pada permukaan yang memiliki tingkat kekerasan yang tinggi, dan juga digunakan untuk mengangkut bahan material yang berat seperti batu-batu besar. Biasanya alat ini digunakan untuk menggali dan mengangkut bahan mineral di lingkungan pertambangan saat proses ekstraksi. Untuk menggerakkannya ala berat sekop ini ada yang menggunakan sistem hidrolik ada yang menggunakan energi listrik.

Loader

Alat berat tipe pengangkut yang juga tidak kalah pentingnya adalah loader atau pengangkut yang fungsi utamanya memang digunakan untuk mengangkut barang dan memindahkannya dari satu tempat ke tempat lain. Bahan material yang biasanya diangkut denan menggunakan alat berat loader adalah bahan material yang semi-padat misalnya seperti pasir, tanah, atau batu-batu kerikil yang kemudian dipindahkan dengan menggunakan conveyor belt atau truk yang baknya bisa melimpahkan barang muatannya (dump truck).

0 komentar

Posting Komentar