Senin, 10 September 2018

5 Alat Berat Paling Umum Digunakan Dalam Konstruksi Jalan

5 Alat Berat Paling Umum Digunakan Dalam Konstruksi Jalan


Konstruksi pembangunan jalan dilakukan dengan menggunakan berbagai macam alat berat yang memiliki fungsinya sendiri-sendiri. Alat apa saja yang digunakan untuk konstruksi jalan tergantung dari  proyeknya. Apakah hanya untuk memperbaiki kerusakan  kecil pada jalan, untuk memberikan lapisan baru pada permukaan jalan, atau untuk perombakan jalan/membuat jalan aspal baru yang tentunya membutuhkan kelengkapan alat berat lebih lengkap. Berikut ini adalah beberapa macam alat berat yang paling umum digunakan dalam konstruksi jalan.
Baby Roller


Motor grader/maintainer

Selain disebut sebagai maintainer, motor grader juga disebut dengan road grader. Fungsinya adalah untuk mendatarkan permukaan yang akan dibuat jalan beraspal. Model yang paling banyak digunakan adalah grader dengan tiga buah gandar di mana gandar di bagian belakangnya digunakan untuk penempatan mesin dan juga tempat duduk bagi operator grader.

Pengilangan campuran aspal

Ada dua macam pengilangan aspal yang digunakan, on-site dan mobile. Untuk pembangunan jalan yang baru, biasanya akan dibangun pengilangan aspal on-site bukannya menggunakan pengilangan mobile yang bisa dengan mudah dipindah-pindahkan untuk konstruksi atau perbaikan jalan yang lebih kecil skalanya. Tidak hanya untuk aspal, namun pengilangan  ini juga bisa digunakan untuk lapisan jalan batu lainnya. Alat ini digunakan untuk menyampur bahan mineral yang dibutuhkan, pasir, dan juga filler yang diolah dengan suhu panas tertentu dan dijaga agar tidak memadat sebelum campurannya digunakan pada konstruksi jalan.

Mesin road roller

Alat berat satu ini bagian roda belakangnya berupa roda silinder yang memiliki permukaan rata. Fungsinya adalah untuk menekan lapisan aspal yang sudah diaplikasikan pada konstruksi jalan agar bahan material jalan bisa merekat dengan baik dan konstruksi jalan bisa menjadi padat. Roller ini ada yang menggunakan ban karet seluruhnya, roller aspal yang datar seluruhnya atau kombinasi ban dan roller datar, tergantung dari campuran lapisan yang digunakan.

Ekskavator crawler
Alat berat satu ini memiliki fungsi penggalian yang digunakan untuk menggali atau memindahkan tanah, batu, dan juga debris lainnya ke area lain agar tidak mengganggu proses konstruksi atau langsung dipindahkan ke truk (dump truck). Secara umum ekskavator terdiri dari lengan, ember pengeruk, dan juga ruang tempat duduk dan kendali operator yang bertempat di atas mesin berotasi untuk memudahkan pergerakan lengan ekskavator.

Truck crane

Untuk pembangunan atau konstruksi jalan biasanya digunakan  alat berat crane tipe truk yang merupakan alat untuk memindahkan benda material yang berat secara menyamping dan memiliki pergerakan diayun, sehingga harus dioperasikan dengan sangat hati-hati. Truck crane adalah tipe crane yang mobile karena diangkut dengan menggunakan kendaraan truk dan tidak harus dibongkar pasang saat akan digunakan. Beda dengan tower crane yang lebih umum digunakan dalam konstruksi bangunan tinggi bertingkat.  

0 komentar

Posting Komentar